Sejarah perkembangan sistem komputer adalah sejarah yang terkait dengan
perkembangan sistem operasi, dimana dapat dikelompokan menjadi lima
kurun waktu (generasi).
Generasi Pertama(1945-1955)
Generasi
ini merupakan awal pengembangan sistem komputasi elektronik, mengganti
gagasan-gagasan mesin komputasi mekanis. Manusia memerlukan perangkat
komputasi untuk mengatasi keterbatasannya dalam melakukan komputasi.
Manusia mempunyai keterbatasan dalam komputasi, yaitu:
» Kecepatan penghitung manusia terbatas.
» Manusia sangat mudah membuat kesalahan.
Upaya
manusia untuk meningkatkan kemampuan komputasinya telah dimulai sejak
awal peradaban manusia. Mulai dari merekam dengan tumpukan batu, potong
batang, sempoa, serta cara-cara mekanis seperti mesin hitung buatan
Blaise Pascal. Sebelum penciptaan komputer elektronik, manusia telah
berusaha membuat komputer mekanis yaitu komputer yang memanfaatkan gerak
dari benda-benda masif, tidak sampai level elektron serta tidak
memanfaatkan listrik sebagai pembangkitnya. Komputer mekanis ini
mempunyai banyak keterbatasan yang menyebabkan kegagalan. Komputer
mekanis mempunyai dua penyebab kelemahan, yaitu:
» Kecepatan komputasi dibatasi inersia bagian-bagian yang bergerak.
» Transmisi informasi alat-alat mekanis tidak praktis, susah dipakai serta tidak handal.
Pada generasi pertama ini belum ada sistem operasi. Sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.
Generasi kedua(1955-1965)
Komputer generasi kedua ini merupakan batch processing system.
» Batch Processing System
Tugas-tugas
dikumpulkan di dalam rangkaian kemudian dieksekusi secara berurutan.
Pada generasi ini, tugas-tugas adalah program-program yang harus
dikerjakan oleh komputer. program-program itu dituliskan di tape.
Pada
awal generasi ini, sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi,
namun beberapa fungsi dasar sistem operasi telah ada misalnya FMS
(Fortran Monitoring System) dan IBSYS yang memberikan layanan perangkat
keras merupakan bagian fungsi dari sistem operasi modern.Pada tahun
1964, IBM mengeluarkan komputer keluarga System/360.Komputer S/360
dirancang agar kompatibel secara perangkat keras yang merupakan bagian
dari sistem operasi OS/360.System 360 berevolusi menjadi System 370.
Generasi ketiga(1965-1980)
Perkembangan
berlanjut, sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai
interaktif sekaligus. Pemakai-pemakai interaktif berkomunikasi dengan
komputer lewat terminal secara online (yang dihubungkan secara langsung)
kesatu komputer. Sistem komputer menjadi:
1. Multiuser, yaitu sekaligus digunakan banyak orang.
2. Multiprogramming, yaitu sekaligus melayani banyak program
» Multiuser
Dengan
adanya kemampuan multiuser, membuat para pemakai yang berinteraksi
langsung dengan komputer dapat sekaligus banyak dalam menggunakan
komputer. Tetapi disatu sisi komputer harus menanggapi
permintaan-permintaan pemakai secara cepat atau akan menyebabkan
produktifitas pemakai menurun. Untuk kebutuhan itu dikembang
timesharing.
» Multiprogramming
Multiprogramming
berarti komputer melayani banyak tugas atau proses (program yang
dijalankan) sekaligus pada satu waktu.Teknik Multiprogramming
meningkatkan utilisasi pemroses dengan mengorganisasikan semua tugas,
dalam hal ini pemroses selalu mempunyai satu tugas yang harus
dieksekusi.Teknik ini meningkatkan efisiensi pemroses.Teknik
multiprogramming dilakukan dengan mempartisi memori menjadi beberapa
bagian. Satu bagian memori berisi satu tugas berbeda.Sistem operasi
menyimpan beberapa tugas di memori secara simultan.Saat satu tugas
menunggu operasi masukkan atau keluaran diselesaikan, tugas lain
menggunakan pemroses.Teknik ini memerlukan perangkat keras khusus untuk mencegah satu tugas mengganggu tugas lain.
» Timesharing
Timesharing
merupakan varian dari multiprogramming, yakni tiap pemakai satu
terminal (online). Pemroses hanya memberi layanan pada pemakai-pemakai
aktif dengan bergantian secara cepat.Pemakai-pemakai itu akan merasa
dilayani secara terus-menerus, padahal sebenarnya digilir satu per
satuan waktu yang singkat. Efek ini biasa disebut pseudiparallelism,
yaitu efek seolah-olah terdapat banyak komputer pararel yang melayani
banyak pemakai.Karena sumber daya lambat yang digunakan bersama sering
menimbulkan bottleneck, maka dikembangkan teknik spooling.
» Spooling
Teknik
Spooling adalah membuat peripheral seolah-olah dapat digunakan
bersama-sama sekaligus pada saat yang sama, dapat diakses secara
simultan.Teknik ini dilakukan dengan cara menyediakan beberapa partisi
memori.Saat terdapat permintaan layanan peripheral, permintaan langsung
diterima dan data untuk layanan itu lebih dulu disimpan di memori yang
disediakan.Kemudian layanan-layanan untuk permintaan-permintaan yang
diantrikan dijadwalkan agar secara nyata dilayani oleh peripheral
Generasi keempat(1980-2000AN)
Pada
generasi keempat ini, sistem operasi tidak lagi hanya diperutukan untuk
satu mode pengolahan, tetapi telah ditujukan untuk banyak mode
pengolahan, misalnya mendukung batch processing, timesharing, networking
dan (soft) realtime applications sekaligus.Hanya hard real-time
applications sulit disatukan dengan mode-mode pengolahan yang lainnya
karena beresiko tinggi. Pada generasi ini, kenyamanan mengoperasikan
sistem komputer juga dinilai penting.Komputer yang makin ampuh telah
sanggup memberi antar muka grafis yang nyaman.Komputer desktop
dinyamankan dengan GUI(Graphical User Interface). Gui ini dimulai x
windows system hasil penelitian di MIT, kemudian Macintosh, Sun View,
disusul Microsoft Windows.Generasai keempat ini ditandai berkembang dan
meningkatnya kemampuan komputer desktop (komputer pribadi) dan teknologi
jaringan Jaringan TCP atau IP telah mulai digunakan secarah luas oleh
kalangan militer, Peneliti, Perguruan tinggi dan masyarakat secara umum.
Generasi Kelima(2000AN-Seterusnya)
Perkembangan
yang terjadi pada komputer yang bukan hanya menunjukan pada perubahan
prosesornya tetapi muncul dalam bentuk yang lebih mini, dalam bentuk
chip mikro, terintegrasi dengan peralatan hidup sehari-hari dan dengan
fungsi-fungsi yang khusus. Komputer berukuran kecil ini (nanocomputer)
dapat ditemukan pada telepon seluler, alat permainan (Playstation), TV, Mobil, peralatan hiburan dan alat sensor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar